a choice to change my life

Selasa, 22 Maret 2011

Mencari Sosok Mahasiswa Ideal

Akedemisi, penghuni lab, aktivis, entrepreneur, dan pengabdi masyarakat, yang manakah dirimu? Mahasiswa, siapakah kamu?

Ketika di bangku sekolah, aku melihat mahasiswa begitu keren dengan baju bebasnya dan bukan lagi berseragam, membawa laptop, dan masuk kuliah hanya beberapa jam bukan full day seperti sekolah. Sosok mahasiswa ideal bagiku saat itu tentu saja mahasiswa berkacamata, ber IPK tinggi diatas 3.75 , dan mendapat beasiswa.

Saat memasuki tahun pertama kuliah, pandanganku mulai dirubah oleh doktrin senior bahwa mahasiswa bukan sekedar kupu-kupu (kuliah-pulang) dan harus memberikan kontribusinya terutama melalui himpunan. Sepertinya sosok aktivis itu mahasiswa ideal, pikirku saat mahasiswa baru (maba).

Di tahun kedua, aku sedikit mencerna  peran fungsi mahasiswa (PFM) yang pernah dicekoki saat di tahun pertama. "Kalian tahu?! Tukang becak di luar sana ikut membayar SPP kalian melalui pajak," sahut senior berapi-api saat aku masih maba. Sesosok mahasiswa yang ideal bagiku saat itu adalah seorang pengabdi masyarakat.

 Menginjak tahun ketiga,aku mulai membuka mata dan mengamati disekitarku mencari seorang sosok mahasiswa ideal yang sebenarnya.Ternyata secara garis besar, mahasiswa itu terbagi mejadi beberapa golongan:
1. Akademisi
Beberapa mahasiswa adalah seorang akademisi murni,golongan ini identik dengan kacamata dan IPK cumlaude. Di kelas duduk di deretan paling depan dan hobinya adalah menurunkan rumus dan memberikan tutorial sebelum ujian. "Aku butuh kertas coret-coretan," ujar si akademisi. Kusodorkan lembar kertas dan ternyata hanya diisi dua baris. "Kok cuma segini?" tanyaku
"Sisanya di otakku," jawabnya. Busyeet...aku perlu waktu berjam-jam untuk mengerjakannya, dia hanya lima menit. Salut untuk golongan akademisi yang fokus pada kuliah dan menggunakan uang negara dengan benar yaitu untuk belajar. Menjadi seseorang yang murni akademisi bukan hal yang mudah, seringkali mereka tidur lebih larut untuk belajar dan mengulang-ulang mata kuliah.

2. Penghuni laboratorium
Beberapa mahasiswa adalah asisten laboratorium,penghuni lab murni. Seorang temanku menjuluki mereka 'klambi tukang' karena selalu memakai pakaian itu-itu saja dan seliweran di kampus dengan sandal jepit. Penghuni laboratorium murni kebanyakan menghabiskan kesehariannya di laboratorium yang mereka sebut dengan kos-kosan.  belajar di lab, makan di lab, tidur di lab, dan mandi di kamar mandi dekat lab. Namun jangan remehkan mahasiswa penghuni laboratorium, mereka benar- benar jago dalam bidangnya. Tak jarang mereka memenangkan kejuaraan di bidangnya dan mengerjakan proyek dengan dosen. mereka juga harus belajar lagi lebih banyak jika tiba saatnya praktikum dan menjadi asisten. Jadi tak pernah ada celetukan praktikan, "asisten kok gak bisa apa-apa."

3. Aktivis
Merekalah motor pergerakan mahasiswa. seorang aktivis murni identik dengan kura-kura (kuliah-rapat). Mereka seorang yang visioner dan sudah memiliki pandangan beberapa tahun kedepan pada organisasinya atau pada hidupnya. Seringkali mereka merelakan liburannya di kampus dan mengabdi mengemban amanahnya. Mereka kritis terhadap apa yang terjadi di lingkungannya dan melakukan perubahan.

4. Entrepreneur
Seorang entrepreneur sejati memiliki sejuta pikiran kreatif dalam penjualan dan marketing. Mereka memiliki jiwa profit oriented sekaligus kemandirian yang tinggi. Dibalik semua kegiatannya untuk mencari untung, mereka ternyata juga ingin membuka lapangan pekerjaan baru dan tidak bergantung pada uang dari orang tua lagi.

5. Pengabdi Masyarakat
Merekalah mahasiswa yang sadar uang SPPnya dibayar oleh tukang becak, penjual bakso, kuli di luar sana. Seorang pengabdi masyarakat peka terhadap lingkungannya dan memiliki rasa simpatik yang tinggi. Mereka pemberi perubahan pada masyarakat ke arah yang lebih baik.

Ada juga jenis mahasiswa tidak termasuk lima jenis diatas, yaitu yang menganut asas " waktu muda hura-hura, tua kaya raya, mati masuk surga ". Namun tidak ada hal menyenangkan tanpa ada usaha. Coba saja hura-hura saat muda, tiap hari leyeh-leyeh, main game, shopping, baca komik,bolos kuliah dan lain lain. Tentunya predikat mawapres (mahasiswa IP ngepres) mengancam dan hal-hal buruk lainnya akan menyusulnya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Kebanyakan mahasiswa adalah capuran antara kelima jenis mahasiswa diatas ditambah dengan asas hedon untuk refreshing. Jika dipikir sekilas, mahasiswa ideal yaitu dia yang memiliki semua fungsi positif dari akademisi, entrepreneur, asisten lab, entrepreneur, dan pengabdi masyarakat. Haruskah kita memilki kepribadian kelima jenis mahasiswa tersebut? Tidak harus.

Mahasiswa ideal adalah dia yang berprestasi dalam bidangnya dan memiliki andil dalam perubahan disekitarnya. Pernah membaca buku 25 mahasiswa inspiratif? Kira- kira begitulah sosok mahasiswa ideal. Sebut saja Achmad Ferdiansyah, seorang entrepreneur sekaligus aktivis yang mengipaskan hawa keilmiahan di ITS. Elok Galih Kurniawati, seorang asisten lab dan aktivis yang prestatif. Satria Stanza, sang akademisi genius. Maficrul Masrur, seorang pengabdi masyarakat sampai ke kampung dolly.

Entah tipe mahasiswa yang mana kalian saat ini, akademisi, penghuni lab, entrepreneur, pengabdi masyarakat,atau yang lainnya. Entah jalan mana yang akan dipilih, jadilah mahasiswa yang bermanfaat bagi sekitarmu. Intinya berkontribusi untuk ITS dan Indonesia!

Elita Fidiya Nugrahani
Read More

Selasa, 15 Maret 2011

Nasib Mahasiswi Teknik

Lebih dari separuh isi manusia di dunia ini bergenre perempuan. Aku selalu dikelilingi perempuan (aku juga perempuan). Waktu SMA, 3/4 isi kelas perempuan, dirumah semuanya perempuan, saudara sepupuku semuanya perempuan. Namun semuanya berbeda saat berada di bangku kuliah. Aku diterima kuliah di jurusan Teknik Fisika- Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Hmm "dunia laki-laki". Agak-agak shock juga saat tahu satu angkatan yang berjumlah 156 orang, perempuannya 38. Kalau kuliah, perempuan cuma menempati separuh deret kedua dan seperempat deret pertama, sisanya laki-laki. yah kalau kelasku sih ada 11 cewek dari total 58 orang.

Sumpah! tak ada dunia cewek seperti high heel, kalung bunga, atau bando pita-pita. kalau ada cewek pakai high heel pasti langsung disuit-suitin "Mau kemana Bu? Shopping?". Salah tempat juga sih, masa nyolder pake high heel. Malah praktikumku ada juga Teknik Pengelasan, di bengkel pakai high heel??Wah langsung dapet nilai C dari asisten yang sok galak.

Padahal waktu SMA aku membayangkan penampilanku saat kuliah: baju necis fashion terbaru, high heel, tas jinjing cantik, dan kalung cool. Nyatanya penampilanku waktu jadi mahasiswa Akrkhh liyat foto-fotoku, sumpah ndeso seru. Masak kaos ijo, jaket hitam, kerudung kusut motif bunga-bunga (gak banget).Seringnya yang dipakai saat kuliah adalah baju kotak-kotak, kerudung kaos, sepatu hitam, dan tas ransel ga fashion blas. Nggilani pol-polan, tapi ya gimana satu angkatan juga gitu, pake baju kotak-kotak (maba dikader). Wah soal pengkaderan, penjelasannya lain kali sajalah.

Krakteristik Cewek Teknik
1. Nge GANG
ini bukan gang nero yang urakan atau apa. Yah seperti gang bisa saat aku masih SMA, bedanya gang kita isinya cewek sekelas (lah 1 kelas kan ceweknya cuma 11). Mungkin hal ini akan berbeda bila terjadi di daerah Teknik Kimia atau Teknik Industri yang lebih banyak ceweknya, gang nya akan lebih banyak. Kita sama halnya dengan gang cewek di Teknik Perkapalan yang isinya cewek satu angkatan (informasi: disana ceweknya cuma 3 orang).
Kita menamakan diri gang CHU katanya sih luCHU (alay dan maksa banget). Kita bersebelas seperti tim sepakbola punya gelar CHU di belakang nama. El-Chu, Cha-Chu, De-Chu, Napi-Chu, Wen-Chu, As-Chu, Yan-Chu, Fat-Chu, Dim-Chu, Anike-Chu, dan Bos-Chu.

2. Cuek but care
yah kita cewek teknik memang cuek, berpakaian ala kadarnya yang penting agak fashion dan matching. Gak ada aksesoris nyeleneh2, paling banter jepit kecil dan kalung minimalis. Terkadang malah ada yang bajunya tabrak lari warna kaos coklat, diberi kemeja pink, kerudung biru, celana jins hitam, dan pakai tas hijau.heheheheh...kalau dikomentari, sia cuam jawab "Ini seni yooooo!!" dengan nada mblayer.
Tapi ternyata dibalik itu, kita sering perawatan atau ke salon. Atau hal lain seperti berdiet.

Hal lain akan kuceritakan next time :)
Read More

Minggu, 13 Maret 2011

99 Fakta Tentang Pria- Men From Mars and Women From Venus

Q kadang bertanya2 knapa seh cowok tu egois, dingin dll....lalu iseng2 kujari jawaban di mbah google. Ini jawabannya...

1. Sebenarnya pria tak mencari wanita yang cantik, yang dicari adalah wanita yang enak dilihat dan mempesona. (Untuk itu, ia selalu meminta Anda berdandan. Bukan karena ia mata keranjang, tetapi mereka ingin Anda terlihat mempesona)

2. Pria sangat benci dikhianati. (Walau mereka egois, keras, dan sok kuat, tetapi mereka adalah makhluk yang rapuh)

3. Detik ini ia menyukai Anda, beberapa detik kemudian, ia lupa dan malah asyik bersama teman-temannya. (Hal ini wajar, tetapi bukan berarti Anda tak pernah ada di hatinya)

4. Jika ia mengatakan "Ya, memang aku nggak ngerti kamu," itu artinya pemikiran dia dan Anda berbeda. (Bukan berarti tak bisa bersatu, tetapi coba untuk saling memahami satu sama lain)

5. Dalam sehari, ia akan sibuk bermain dan menjalani aktivitasnya bersama teman-temannya. Tetapi percayalah, saat ia bersiap untuk tidur, Anda selalu terbersit di dalam benaknya. (Dan percayalah, mereka suka senyum-senyum sendiri saat membayangkan betapa cantiknya Anda hari ini)

6. "Kamu lagi ngapain?" atau "Sudah makan belum?" adalah kalimat yang paling sering diucapkan pria saat di telepon. (Mereka memang bukan makhluk yang pandai berbasa-basi, tetapi mereka sungguh ingin tahu semua hal detail soal Anda)

7. Jika seorang pria benar-benar mencintai Anda, ia akan menerima Anda apa adanya. Tak peduli Anda gemuk, hitam atau berjerawat. (Mereka mungkin akan memberi saran pada Anda untuk diet saat Anda merasa gemuk, tetapi mereka tulus mencintai Anda)

8. Pria sangat tergila-gila saat melihat senyuman Anda. (Untuk itu jangan memelihara cemberut di wajah Anda, tersenyum dan buatlah ia semakin terpesona)

9. Pria akan melakukan apa saja untuk meraih perhatian Anda. (Termasuk memamerkan kisahnya dengan sang mantan, walau terkadang hal ini tak perlu diceritakannya pada Anda)

10. Pria tak suka jika Anda bercerita soal mantannya. (Walau kadang ia suka pamer soal mantannya kepada Anda, tapi ia sangat cemburu jika ia mendengar cerita soal mantan Anda)

Read More

Sabtu, 12 Maret 2011

Angan-angan

Alhamdulillah akhirnya saya membuat BLOG,memenuhi target hidup jangka pendek untuk tahun ini. Meskipun sudah setahun lebih berkecimpung di dunia jurnalis, baru kali ni membuat blog. Ahaha...
Namun masih banyak angan-angan yang harus dicapai.
Read More

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena