a choice that change my life

Kamis, 01 Agustus 2013

Wonderful Indonesia (1): Setengah Surabaya

Gara-gara Tooba temanku yang berdarah Pakistan berencana ke Indonesia, jadilah aku mengajak juga sahabatku Fang dari Thailand untuk ikut mengunjungi Indonesia. Namun pada akhirnya hanya Fang saja yang ikut ke Indonesia, sedangkan Tooba membatalkan niatannya karena ribet sekali untuk mengurus VISA ke Indonesia apalagi untuk negara macam Pakistan, Afghanistan, Bangladesh, dan sejenisnya. Aku sempat menanyakan ke KBRI Bangkok cara membuat VISA Indonesia. Pertama, harus mengumpulkan surat menjadi sponsor, administrasi pemohon (paspor,ID Card, bukti menjadi student di Thailand), dan biaya administrasi. Lalu menunggu sebulan untuk di terima atau tidak VISA nya, setelah itu mengumpulkan berkas lagi dan baru beli tiket pesawat dll. Nah lo ribet kan. Akhirnya hanya Fang yang berangkat ke Indonesia, karena sesama warga ASEAN, dia bisa berkunjung ke Indonesia tanpa VISA. Uniknya dia masih tanya "Do I need visa?". Hhee, maklum ini juga pertama kalinya dia jalan-jalan keluar negeri. Dia pernah keluar negeri sebatas Laos. Laos bisa dibilang bukan luar negeri bagi warga Thailand karena berdekatan dan memiliki bahasa 11-12 dengan Thailand. Layaknya bahasa Indonesia-Malaysia-Brunei.

Suro dan Baya di dekat monkasel.

Fang datang tanggal 5 Mei tengah malam di Juanda. Aku menyusulnya dengan sepeda motor bersama teman-teman sejurusan Fatma, Farhan, Eka Puji, dan Kharis. Cowok-cowok ngebet ingin lihat orang Thailand, mereka dengan semangatnya mengantarkanku ke bandara. Setelah menunggu lebih dari 1 jam, Fang keluar dari bandara Juanda. Dia cerita kalau lupa yang mana tasnya dan sempat hilang. Hehe. Dia juga semangat saat kubonceng naik sepeda motor. Maklum di Thailand kebanyakan kendaraan pribadi adalah mobil. Sialnya di tengah jalan hujan deras. Jadi sampai kosanku, kita berdua basah kuyup dan cuci-cuci baju. Apalagi Fang cuma bawa beberapa baju.

Esoknya tanggal 6 Mei saatnya berwisata di Surabaya. Sebenarnya aku juga bingung mau kuajak kemana, biasanya hiburanku di Surabaya adalah mall. Akhirnya kuajak Fang menikmati wisata kuliner di Soto Cak Har. Lalu jalan-jalan disekitar areal Delta plaza dan balai pemuda. Menikmati mocca float favoritku di KFC Delta.

Soto Cak Har, fotonya aja sudah bikin ngiler. Huwaa
Balai Pemuda.

Setelah itu Fang kuajak ke Ken Park. Jadi teringat kenangan pengkaderan saat di Ken Park Kenjeran, dulu mau-maunya datang tengah malam, diminta push up, gulung-gulung,dan siang-siang bersihin sampah. Saat ini Ken Park direnovasi menjadi kawasan yang apik. Kya kya, pusat jajanan Surabaya juga dipindahkan ke Ken Park. Pagoda berwarna-warni juga telah selesai di cat.Sayangnya masih sepi pengunjung, kurang publikasi, dan kurang terawat.

Wajah baru Kya-Kya. Bagus banget,,, ayo ramaikan!

Detail di dalam Pagoda Ken Park

Mangrove di Ken Park, banyak burung bangaunya.
Fang berdoa di dalam kuil.

Patung Dewi Kuan Im di Ken Park.

Fang juga kuajak ke kuil Budha Dewi Kuan Im dan Budha empat wajah. Belakangan Fang bilang ku aku kalau yang kusangka Budha empat wajah itu adalah kuil Hindu. Selama berjalan-jalan di Surabaya, aku coba menjadi guide yang baik dengan cara menceritakan asal nama Surabaya. Sejarah kota pahlawan, iklim di Surabaya, penhijauan, kuliner, dan sebagainya.

Fang dan pagoda.

Aku dan patung Budha 4 wajah. Serasa di Thailand. Weits ini cuma di Ken Park kok.

Sekitar jam satu siang, aku ngebut ke jurusan untuk pembimbingan dengan dosen dan meninggalkan Fang di kosanku. Maklum aku pulang ke Indonesia dengan tujuan mencari data untuk thesis. Dataku tentang energi di bangunan di ITS. Sekitar jam 2.45, aku langsung ngebut ke kosan dan mencari taksi. Aku packing seadanya dalam 5 menit dan menarik Fang untuk naik taksi ke stasiun Gubeng. Jam 3.30, kereta kami akan meninggalkan Surabaya menuju Jogjakarta.

See ya Surabaya Syalalala :)


By the way, berikut ini list wisata non mall yang bisa dikunjungi di Surabaya:
1. Tugu Pahlawan (Museum Tugu Pahlawan)
2. House of Sampoerna
3. Museum Kesehatan
4. Monumen Jalesveva Jayamahe
5. Monumen Kapal Selam
6. Balai Pemuda
7. Monumen Bambu Runcing
8. Area Sunan Ampel
9. Masjid Cheng Ho
10. Masjid Al Akbar
11. Jembatan Suramadu
12.Ciputra waterpark
13. G Walk
14. Singapore in Surabaya
15.  Ken Park Kenjeran (Kya Kya, Patung 30 m Dewi Kuan Im, Patung Budha 4 wajah)
16. Kawasan Hutan Mangrove

Ada lagi? lain kali aku akan posting tentang wisata di Surabaya.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan dikomen ya... ^^

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena