a choice that change my life

Senin, 30 Maret 2015

Stray Day in Hongkong-Macau (2): Negeri Ribuan TKI

Faktanya setengah dari jumlah pekerja rumah tangga (PRT) asing di Hongkong berasal dari Indonesia. Sekitar 165.000 pekerja itu 99,9% adalah wanita yang berusia 21-35 tahun. Berdasarkan informasi dari detik.com (macam nulis berita -_-), gaji PRT di Hongkong sekitar 8 juta dan ini menjadikan Hongkong sebagai surga bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI). Tak heran selama di Hongkong kami menemukan dengan mudah orang Indonesia.

Pemandangan dari Victoria Harbour.

Kapal berhenti di pelabuhan Hongkong pada sore hari. Lalu kami melewati bagian imigrasi Hongkong untuk menerima kertas departure (bukan stempel di paspor). Hongkong dan Macau ini seakan dua negara terpisah dalam negara China. Katanya mereka memiliki dua regulasi hukum dalam satu atap. How come? Tapi untung juga bagi warga Indonesia karena masuk ke 2 negara khusus ini tidak membutuhkan visa seperti halnya masuk negara China.

MRT station.

Kami berlima membeli kartu Octopus yang bisa digunakan untuk transportasi di Hongkong meliputi bis, tram, dan MRT atau kereta bawah tanah. Tak ketinggalan Bang Asrul, Sani,dan Zjarah juga membeli sim card Hongkong. Berhubung aku dan Dini prinsip hemat, manfaakan wifi gratis, jadilah sim card tidak kuperlukan. Saat itu kita buta arah dan posisi dimana kami berada. Setelah melihat peta transportasi ternyata kami harus naik MRT ke central lalu transit ke Tsim Sha Tsui. Kebetulan di kereta kami bertemu dengan mbak-mbak kerudungan orang Indonesia. Dia berbaik hati menunjukkan arah dan kami bertukar nomer telepon. Lalu dia juga menceritakan tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Hongkong.

Jalanan di Kowloon.

Ternyata hotel alias hostel paling murah se situs booking.com Hongkong letaknya strategis di dekat stasiun Tsim Sha Tsui dan masjid. Keluar dari pintu keluar D (maklum ya pintu keluarnya ada banyak bisa A-F), masjid sudah didepan mata. Alhamdulillah. Lalu kami bertanya pada ibu-ibu kerudungan yang sepertinya orang Indonesia. "Bu, mirador mansion arah mana ya?" tanya Zjahra pada ibu itu. "Dadi nduk engko nyebrang, mlaku lurus notok jedok. Noleh sebelah kiri ada tulisan Mirador mansion," ujar Ibu berkerudung itu dengan bahasa dan logat Jawa yang kental.

Jalanan ke arah Mirador Mansion.

"Waduh tanya di Hongkong di jawab pakai Bahasa Jowo kental," ujar Zjahra sambil tertawa. Kami akhirnya menemukan Mirador Mansion dimana tempat kami menginap selama dua malam di Backpacker Hostel. Parahnya kami hanya menyewa satu kamar untuk 4 perempuan (aku, Zjahra, Dini, dan Sani) dan 1 laki-laki (Bang Asrul). Bukan muhrim? iyesss tapi sebelumnya kami sudah mempertimbangkan itu semua berdasarkan budget. Hongkong merupakan negara yang padat penduduk, kebanyakan tempat tinggal menggunakan vertikal building. Harga tanah dan bangunan melambung tinggi. Tak heran jika hotel terletak pada suatu apartemen. ( foto apartemen di Hongkong dari Telegraph )

Lorong hostel.

Harga penginapan di Hongkong pun melambung tinggi. Jadi kami memutuskan menyewa kamar untuk 4 orang dengan kamar mandi dalam. Kamarnya berukuran sekitar 3mx3m termasuk kamar mandi yang mungkin hanya berukuran 1mx2m). Terdapat jendela artifisial jika dibuka hanya terlihat tembok --" , mungkin hanya sebagai sugesti supaya terlihat lebih humanis. Pembagiannya, yang perempuan tidur di kasur sedangkan Bang Asrul dapat extra bed dan tidur di lantai. Masalah lainnya yaitu kamar mandi dalamnya, hanya tertutupi kaca buram yang masih terlihat dikit jika ada orang didalamnya. Oh No! Jadilah kami memasang penutup dari selimut yang dikaitkan pada lipatan pintu.

Kamar mandi yang ditutup selimut.

Hari sudah sore saat kami sampai di kamar. Lalu kami mengusir Bang Asrul keluar kamar dengan alasan mau mandi dan sebagainya (maklum cewek rempong) dan nanti di chat lewat Line jika sudah selesai. Hampir satu jam Bang Asrul berada di luar kamar dan kami kaum perempuan sudah mandi sholat dll. "Bang sudah selesai nih,"telepon kami lewat Line *iklan banget. Lalu Bang Asrul datang ke kamar dan menceritakan bahwa banyak orang berjualan makanan di belakang Masjid. Lalu gantian Bang Asrul mandi dan yang perempuan keluar dari kamar.

Suasana kowloon park.
Suasana remang-remang romantis menyambut kedatangan kami di Taman Kowloon, belakang Masjid Kowloon. Terdengar dengunan khas Indonesia: Boso Jowo. Taman Kowloon sudah seperti pasar kaget di Indonesia. Beberapa orang menggelar dagangan yang kebanyakan adalah makanan khas Indonesia. Kami memilih berhenti di lapak yang dekat dengan lampu taman. "Eh, kalian deh yang bilang ke penjualnya. Bahasa Jawa semua, aku gak paham," ujar Bang Asrul yang berasal dari Aceh dan bisa berbahasa Sunda. "Dodolan napa Bu?," tanya kami. "Iki ono pecel, penyetan, karo bakso," ujar penjualnya dengan bahasa yang medok. Akhirnya kami duduk lesehan di dekat penjual itu dan mulai memesan makanan. Kami makan dengan lahap penyetan ayam/ikan plus tempe. Iya tempe!!! Maaf saya jadi heboh. Seumur-umur saya tinggal di Thailand, di pasar ga ada yang namanya tempe. Lha ini malah nemu tempe dan penyetan sedap di Hongkong. Harganya lumayan terjangkau untuk ukuran Hongkong,seporsi besar sekitar 30 ribu rupiah setara dengan makanan di McD Hongkong. Bahkan kami sempat meminta mangkok sterofoam untuk tempat membuat mi instant besok pagi (parah).

Penyetan ala Hongkong.

Bang Asrul bercerita tentang pengalamannya ke daerah itu saat menunggu kami yang perempuan mandi. Katanya saat duduk-duduk sendiri di bawah pohon, ada perempuan yang mendekati dan mereka berdua pun bercakap-cakap. "Mbak, disini mana makanan yang halal?," tanya Bang Asrul. "Disini makanannya halal  semua kok Mas,termasuk saya juga halal," ujar perempuan itu memberi kode. Oh men!!!Singkat cerita Bang Asrul pun merinding dan sedikit ketakutan."Tenang mas, ada kita berempat yang akan melindungi Bang Asrul," ujarku. Wkkwkwk,,, kalau di film F4, Sanchai dilindungi oleh 4 laki-laki, kalau di kehidupan nyata di Hongkong malah Bang Asrul yang dilindungi oleh 4 orang perempuan.

Jalanan di Hongkong.

By the way, masuk akal sih kalau Bang Asrul digodain cewek Indonesia. Pasalnya seperti fakta yang kuungkapkan di paragraf pertama: sekitar 160.000 TKW berusia masih muda dan (mungkin) single. Bahkan aku pernah sharing dengan temanku orang Indonesia juga yang pernah pengabdian masyarakat ke Hongkong. Katanya bahkan ada TKW yang lesbi saking susahnya cari laki-laki Indonesia.Wooo.....

Destinasi setelah kenyang adalah Victoria Harbour yang dapat ditempuh dengan jalan kaki dari taman Kowloon. Kami berlima amazing dengan keadaan Hongkong. Deretan bangunan tinggi menjulang dan tertata indah. Huruf cacing-cacing Hongkong pada billboard bertebaran. Jalan untuk pejalan kaki tidak hanya di trotoar tetapi juga terdapat banyak jalan bawah tanah yang tersambung dengan fasilitas MRT. Pedestarian di pelabuhan Hongkong bertambah meriah dengan adanya Avenue of Star cetak tangan dari bintang -bintang terkenal Hongkong, layaknya jalanan di Hollywood. Kami bahkan rela foto ngesot-ngesot dengan beberapa nama terkenal seperti Jackie Chan atau Bruce Lee.

Salah satu bangunan di Hongkong (credit:Zjahra).

Ngesot (credit: Bang Asrul).

Foto dengan Bruce Lee (credit: Dini).

Terdengar celoteh Bahasa Indonesia dari sekumpulan tante-tante cantik berwajah Tiongkok. Lalu kami berfoto di dekat kumpulan itu dan menggunakan Bahasa Indonesia, sempat hampir menyapa rombongan itu. Ehh mendadak tante-tante itu ganti bicara dengan bahasa Tiongkok saat tahu kami bicara dengan Bahasa Indonesia. Akhirnya kami berbicara menggunakan bahasa Thai "Setani tongpai..." biar sama-sama adil ga paham yang dicarakan. Ehhh?? Well?? Bukannya rasis atau gimana. Maaf banget ya buat orang Tiongkok di Indonesia, terkadang mereka merasa superior dari kami yang berkulit sawo. Tapi ga semua kayak gitu juga sih, banyak kok orang Chinese-Indonesia yang baik hati dan tidak sombong. Hanya tooolong aja kalau ketemu sesama orang Indonesia bisa saling sapa.
Sani dan patung di avenue of star.

aku :p (credit: Zjahra).

Well, kami menikmati Victori Harbour. Gedung tinggi berkelip di ujung pulau sana. Lautan yang memantulkan cahaya warna-warni. Kapal tradisional dengan bendera warna merah lewat. Cocok buat foto Pre Wed (Ehhh :p).

Full team.

kawaiii (credit: Sani)

Poto poto.

Pinggiran teluk victoria.

Pemusik dan penari jalanan.





8 komentar:

  1. ASSALAMU’ALAIKUM
    Permisi Kepada Admin Dan Teman Yang On’line di Blog ini Sedikit Saya Ingin Berbagi Cerita Tentang Kisah Sukses Saya Jadi TKI Kontrak di Jepang.
    Perkenalkan Nama Saya Ridwan Topik Budiman Asal Dari Samarinda (Kal-tim). Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi saya. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi orang tua saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota Samarinda (kal-tim), dimana struktur tanah tempat kelahiran saya adalah pinggir laut dengan mata pencaharian masyarakat sekitar bagang dan empang , Pengorbanan keluarga yang selama mendidik membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi seorang nelayan, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1, Pada pertengahan tahun 2015 saya bertemu dengan seorang teman lama mantan TKI di jepang pertemuan saya di Jalan muara badak SAMARINDA kal-tim, Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT yang pernah membantu dia sewaktu di jakarta, Beliau adalah sekertaris utama di kantor BNP2TKI pusat jakarta, atas nama bpk DRS HERMONO, Alamat kantor beliau Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770 kantor BNP2TKI pusat, Dan Teman Saya Memberikan No Kontak Hp Bpk Hermono di Nomor 0852-13913921, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita sayapun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliau'pun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke akun email beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.000.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah saya bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekat’pun saya belum pernah sama sekali, Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, kami di jemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan kami diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa mencoba untuk menberani’kan diri menhubungi Bpk SEKERTARIS UTAMA BNP2TKI, BPK DRS HERMONO. Ini No TLP/HP Beliau: 0852-1391-3921 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan. TERIMA KASIH

    BalasHapus
  2. Sebelumnya perkenalkan nama saya Suryaningsih, saya ingin berbagi cerita kepada anda semua. Rasa senang yang tak bisa kuungkapkan karena bisa berbagi pengalaman dengan anda semua. Sebelumnya saya seorang wanita karier yang bekerja disalah satu perusahaan swasta yg cukup ternama di Indonesia, dengan berbagai prestasi kerja yang saya dapatkan sehingga saya dapat mencapai puncak prestasi kerja yang paling tinggi yakni sebagai direktur operasional perusahaan tersebut. Semakin lama saya semakin sukses dan berpikir untuk membuka usaha. Namun dalam perjalanannya usaha tersebut macet dan saya memiliki utang yang besar hingga mencapai 3,5 miliar. Saya stress dan sempat ingin bunuh diri karena tak sanggup menanggung malu ditagih oleh deb.kolektor. Disaat saya hanya bisa berpasrah kepada Allah SWT atas musibah yang saya alami, saya tidak sengaja bertemu dengan Ajeng, dia adalah sahabat lama saya sewaktu masih kuliah dulu . Setelah saya menceritakan semua masalah yg saya alami, lalu dia memberi saran untuk menghubungi pak K.H. Ahmad Tarmidzi. Saya sempat berpikir pikir dulu untuk menghubungi beliau ,namun desakan hutang yang makin membengkak, saya memberanikan diri untuk menghubungi beliau. Akhirnya saya berkomunikasi dengan beliau , , beliau memberikan saya petunjuk atas masalah yang saya alami. Apa yang beliau katakan saya ikutin dan walhasil hutang saya bisa terbayar semua. Ucapan banyak banyak terimakasih atas bantuan K.H. Ahmad Tarmidzi, berkat beliau dan izin Allah SWT sehingga saya terlepas dari hutang. Sebagai bentuk syukur saya, saya membagikan nomor beliau kepada anda yang memiliki masalah seperti saya, hubungi beliau di 085-394-615-567. Yakin dan Percaya, saya sudah buktikan demi Allah SWT. ..



















































































































































































































































    BalasHapus
  3. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 800juta saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan ki sholeh pati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI SHOLEH PATI kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SHOLEH PATI di 0852-1905-3025 situsnya www.PESUGIHANISLAMI.ye.vc agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi KI SHOLEH PATI pasti akan di bantu


    BalasHapus
  5. SEGERA KUNJUNGI WEBSITE KAMI :

    WWW.PELANGI99.COM
    100% PLAYER VS PLAYER
    CONTACT PERSON :
    BBM : D872D7D9
    SKYPE : PELANGI99
    LIVE CHAT : PELANGI99
    LINE ID : PELANGI99.COM
    NO.HP : +855 166 75 661
    WA : +855 166 75 661
    WE CHAT : PELANGI99.COM
    INSTAGRAM : 99PELANGI99.COM
    ADUQ | BANDARQ | BANDARPOKER | CAPSA SUSUN | DOMINO99 | POKER ONLINE | SAKONG ONLINE

    http://duniaperjudian303.blogspot.com/2017/07/mulai-hari-ini-secara-resmi-klub.html

    http://duniaperjudian303.blogspot.com/2017/07/douglas-costa-dan-federico-bernardeschi.html

    BalasHapus
  6. Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



    BalasHapus
  7. Assalamualaikum Wr. Wb

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}


    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    BalasHapus
  8. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus

Silahkan dikomen ya... ^^

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena