a choice that change my life

Kamis, 17 November 2011

Rencana Backpack Abroad I: Langkah Pertama, Semua di Depan Mata

*Nah kalau note ini kubuat sebulan lampau, saat Asthy dan Adit tertarik untuk mbolang abroad bersamaku

Note sbelumnya yang berisi tentang ajakanku backpack keluar negeri ke teman2 cewek hanya ditanggapi oleh segilintir orang. Kebanyakan tanggapannya ragu kalau kita benar2 bisa keluar negeri. Akhirnya hanya tersisa dua orang yang nekat untuk bonek ke Singapura bersamaku : Asthy Farida dan Ade Nugrahani. Kita sudah ngomong panjang lebar pembahasan ke singapur (naik apa, tinggal dimana, kemana saja, kapan tiket pesawat,dsb). Diputuskan untuk berangkat tanggal 1-4 maret yang merupakan minggu awal masuk kuliah (mahasiswa tingkat akhir hanya menyisakan tugas akhir tanpa harus masuk kuliah). Namun di tengah perencanaan, Ade menghilang.

Tiba-tiba asthy me woro-worokan adanya promo pesawat murah air asia saat aku masih KP di bali hari terakhir. Saat pulang, kita yang kebetulan satu kosan langsung menyusun strategi kembali. Kita memutar otak pada saat tanggal 19 September, bagaimana tidak??Promo ditutup pada tanggal 20 September jam 11 malam. Semuanya melenceng dari rencana awal yang hanya ke Singapore menjadi rute Surabaya-Kuala lumpur PP. melenceng??Bukan....ternyata kita lebih murah jika memilih penerbangan dari Surabaya-Kuala lumpur. Bener yang tertulis ke Singapura 150 ribu tapi itu berangkat dari Jakarta dan belum lagi airport tax dan macem-macem sehingga harganya bisa mencapai 300 ribuan, belum lagi kendaraan ke Jakarta. Dipilihlah rute Surabaya-Kuala Lumpur seharga 139 ribu ditambah airport tax dan biaya transfer, sehingga total PP menjadi 473ribu.

Rencana awal keberangkatan tanggal 1-4 2012 Maret dimajukan menjadi 1-7 Februari 2012. 6 hari mbolang!!benar2 rencana gila. Rencana rute yang akan kita tempuh adalah Surabaya-Kuala Lumpur by pesawat, KL-Singapore by bis, Singapore-KL by bis, KL-Surabaya by pesawat. Bis PP KL-Singapure sekitar 250rb, rute tersebut lebih murah dibanding jika kita membeli tiket Jakarta-Singapore PP. Kegalauan berikutnya saat memesan tiket pesawat adalah bagaimana cara membayar!!! Ternyata hanya bisa menggunakan kartu kredit atau debit BCA/Niaga. Kelimpungan, karena sebagai mahasiswa ITS standar hanya memiliki rekening BNI [Taplus mahasiswa perbulan potongannya cuman 800 rupiah]. Terpikirlah untuk meminjam debit/kredit BCA milik teman seangkatan, Aditya Ferdian. "Biaya PP ke KL brapa?" tanya Adit. "Sekitar 500rb an" jawab Asthy. Ternyata malam harinya dia juga memutuskan untuk ikut!!!!Bertambahlah teman bolang kita!!!Alhamdulillah yahhh :D

Tanggal 20 September siang hari: masih mbulet soal pembayaran yang ga mudeng. Sore hari masih gagal menggunakan pembayaran dengan debit BCA. Aku dan Asthy kelimpungan, bingung, gupuh, stress, dan menggila karena takut ga dapet promo. Bayangin aja klo ga promo, harganya 2-3 kali lipat mahalnya. Adit dengan santainya menenangkan kita dan malam harinya transaksi berhasil dengan kredit mandiri saat (beneran kan iki dit??awas klo mbujuk  ta cakari lo :p ). Heran kayaknya dia makelar kartu bank, tapi gpp lah selama kartu2nya berguna. Senangnya bukan main karena tiket pesawat sudah di tangan, sudah selangkah menuju backpack abroad 2 negara.

Okee sekarang saatnya pembagian job description:
Adit : Kepala sie transportasi, keuangan, dan perlengkapan .Staf: -
Asthy : Kepala sie perijinan, konsumsi, dan dokumentasi. Staf: -
Elita: Kepala sie publikasi, acara, dan komunikasi. Staf: -



Langkah selanjutnya adalah perencanaan dan pembuatan paspor. Asthy yang bagian cari informasi paspor. Bulan depaan kita bikin paspo yoo!!! :)
Nah sekarang aku akan membuat gambaran kasar tentang acaranya:

Tanggal 1 Februari:
18.30: Berangkat dari kosan/rumah masing2 ke bandara Juanda Surabaya. Disarankan tidak membawa benda banyak. Bawa makanan yang banyak aja :p. Kira-kira ini yang dibawa:
*baju secukupnya, alat mandi, sholat, uang, kartu2,kamera, makanan: Roti gedhe, mi 5 bungkus, akua 1 liter, minuman botol 1
20.30-00.10 : Penerbangan Surabaya Kuala Lumpur

Tanggal 2 Februari
00.10 - 04.00 : Mbambung di bandara sambil makan roti dan foto2 di sekitar bandara. kalau maish ada bis, kita bisa jalan2 ke firefly park
04.00 - 06.00 : Mandi di toilet umum (isok ga yo..kok melas ngene), shalat, dan menuju ke tempat singgah nitip tas (As, dah konfirmasi ta??)
06.00 - sore : Foto2 di Petronas, beli tiket untuk ke menaranya, National Palace, Masjid Nasional, dan Bintang Walk. Trus beli tiket bis PP KL-Singapore
malam :Perjalanan KL-Singapore

Tanggal 3 Februari:
Check in di ABC Backpacker daerah Bugis. Wisata taman dan foto.
Pagi: Jalan2 ke CBD (Central Business District, MRT City Hall, dan Raffles Palace). Foto: Merlion Statue, Fullerton Hotel, Espalnade Theatre, Raffles Statue.
Siang: Kuliner dan wisata taman. jalan2 ke Singapore Botanic Garden sekalian Orchard Road (sejalur)
Malam: Nongkrong di dekat Singapore flyer (bianglala terbesar di Singapore) cuman buat foto2 dan juga Clark Quay.hoho

Tanggal 4 Februari:
Ke Universal Studio di sentosa Island sepuasnya!!!!!!!

Tanggal 5 Februari:
Wisata belanja.
Pagi: daerah Bugis Street Shopping, Orchard Road (kalo belum puas belanja), China town
Siang: kuliner di Little India
Malam: Nongkrong di Harbour Front

Tanggal 6 Februari:
Lihat sunset di Marina Barrage dan membeli yang kurang2. Siang hari balik ke KL. Sore hari tiba di Kuala Lumpur. Jalan-jalan ke (belum ada ide)

Tanggal 7 Februari:
pagi hari acara bebas mau jalan2 kemana masih bingung akuMalam harinya siap-siap di bandara buat mbalik ke Surabaya.

Perkiraan Dana:
1. Tiket Pesawat PP = 573.000
2. Biaya masuk bandara (takutnya ada) : 2x 100.000 = 200.000
3. Pembuatan Paspor = 300.000
4. Penginapan di Singapore: 3x 137.000 = 411.000
5. Nginap di KL (klo terpaksa) = 120.000
6. Tiket ke Universal Studio = 500.000
7. Transport KL-SIN PP = 250.000
8. Transport Singapure pake EZ link = 200.000
9. Kuliner: *(di KL) = 30.000
*Nasi Briyani (dibagi 2) = 35.000
*Nasi lemak= 20.000
*Es Krim Uncle= 7000
*Carrot Cake= 20.000
*Chicken Rice= 25.000
Total : 2.691.000
cadangan 10 %= 300.000
Total: 3 jutaan. kok akeh yo =_=" SEMANGAAATTT!!!!
Pesawat, peginapan, tiket Universal dibeli disini. Jadi yang dibawa kesana 1.116.000
Jadi per bulan cari uang 3.000.000/5 = 600 rb
hohohoho.........Malaysia dan Singapura di depan mata lhooo....Lima bulan lagi!!!!!!!!!!!!!

2 komentar:

  1. wah info yg bagus :) kira2 pesan tiket bus dari kl ke singapur bagaimana caranya? apa bisa pesan tiket pp dari kl ke singapur? apa bisa pesan online atau langsung ya? mohon informasinya. terima kasih :)

    BalasHapus
  2. good posting, saya juga bernancan bonek ke singapur, tapi untuk stay dan kerja. semoga bisa lancar juga. salam dari Padang. :)

    BalasHapus

Silahkan dikomen ya... ^^

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena