a choice that change my life

Senin, 22 Agustus 2011

Mimikri


Magang sebagai 'pembantu' engineer di Pertamina membuatku teringat akan pengalaman magang sebagai wartawan setahun yang lalu di media online Detik. Kupostkan lagi saat-saat terindah magang sebagai wartawan. Secuil pengalaman selama kurang sebulan magang jadi wartawan (Sbtu-Minggu pulkam. Kadang mbolos cos ada urusan)

Ternyata....
wartawan itu harus bisa makan dengan 3 garpu, 2 sendok, satu pisau, sapu tangan
biar bisa makan di hotel bitang lima sambil bercakap-cakap fluktuasi ekonomi Indonesia dengan bos-bos perusahaan

(Saat itu aku ikut press meeting dengan perusahaan makanan otak ternama, bertempat di hotel Shangri-La. Seusai pertemuan, kita makan di restoran hotel. Wuih seumur2 aku makan di hotel berbintang ya itu, bagus banget, banyak bulenya, ku kayak di dalem tivi. Makanan enak berlimpah, tinggal ambil. Tapi baru aku sadari, aku nggak tahu cara ambil makanan. Mana sendoknya ada banyak, garpunya banyak, untuk apa pula ada pisau di meja. ARKH Sumpah katrok aku....Saat makan, bos2 nya ngomong sembarang kalir tentang perekonomian. Daripada ku ngoplo, kuputuskan beranjak dari sana meskipun aku masih pengen makan sushi yang aku nggak tahu gimana cara makannya. Padahal juga dokter muda dari Singapur itu beneran cakep :p)

wartawan itu harus ngerti bahasa Inggris
biar ngerti kalau Pak Rektor lagi bicara pesawat dengan orang dari Jepang
biar ngerti kalau eksekutif muda dari singapore itu ternyata bedarah Indonesia

("was wos was wes"-hee mataku semakin berkunang-kunang. Sinyal antenaku nangkep beberapa omongan di ruangan ini yang berisi Pak rektor, Pak Pak Dekan, Pak Rektor Kumamoto dan stafnya. Ada yang salah, aku cuma mahasiswa dan cewek sendirian. mana saat itu kebelet, tapi org2 penting itu blm berhenti ngomong.mana yang diomongin tentang basa-basi aja.haduu...)

wartawan itu harus tega
biar bisa foto mayat korban kecelakaan kereta api
(Saat terjadi tabrakan kereta. aku yang ngeri dengan darah. Berusaha menjauh-jauh. tapi aku harus ambil foto. sekilas kulihat jari mayat boncel dan kulitnya memucat. Hiiy)

wartawan itu harus punya teman sesama wartawan dari media lain
biar bisa nggosip ma minta foto dengan wartawan lain saat ada acara

wartawan itu harus dandan
biar ga dibilang kumus2 saat menghadiri pemecahan rekor MURI kelas kecantikaan
(Aku cewek khas ITS.Polosan. Kecil. Kerudungan. Sepatuan. Bawa tas ransel kumel. Datang ke jatim Expo tentang acara kecantikan "Pemecahan rekor MURI beauty class". HHaaa. Mana yang lain make up an. Trus media dipersilahkan makan dengan artis. Selamat Anda orang terkucel-pikirku)

wartawan itu harus bisa ngebut
biar ga ketinggalan momen kecelakaan kereta api

wartawan itu harus tahu jalan
biar tahu kalau ternyata Jl.Girilaya tu tempat lokalisasi Dolly
(Saat itu aku mendapat liputan pelatihan pembuatan makanan di Jl.Giriliya. Aku yang gak tahu jalan tanya temenku. "Jl.Girilaya itu lokalisasi Dolly,El". O o o....akhhirnya selama 2 tahun di Surabaya, aku tahu dimana Dolly!!Prestasi)

Wartawan tu harus mau berdesak2an dan panas2an
biar bisa kedengeran narasumber bilang apa saat terjadi penggusuran

wartawan itu harus punya SIM
penting ini biar ga kena razia Pak Polisi

(karena saya tidak punya SIM, saya pernah terkena razia. Ajaibnya saya lolos dengan kata "Saya ini wartawan, Pak," kataku. "Oh ati2 di jalan ya Mbak," kata Pak Pol membebaskanku.)

wartawan itu harus ngerti berbagai bidang
harus tahu kalau ternyata kernosin itu bagian dari asam amino- protein yang dibutuhkan otak
harus tahu kalau ternyata Ridho itu korban kecelakaan gas elpiji 3kg dari Bojonegoro
harus tahu kalau tiap jam disuatu rel tu melintas 5 kereta api dengan kecepatan tinggi
harus tahu kalau.kalau.jika.sebenarnya.....

Selebihnya, kreatif, peka, PD,cepat, adaptif, supel

Seperti bunglon yang bermimikri
Harus bisa menyesuaikan diri dengan tempat dimana dia berada
Jika di pohon, dia berwarna hijau
Jika di tanah, dia berwarna coklat hitam
Tapi dia tetaplah bunglon takkan bisa berubah menjadi pohon atau tanah sepenuhnya
Karena dia juga punya jati diri sendiri....

Sudah saya putuskan beberapa tahun kedepan saya akan menjadi....

ENGINEER!  

1 komentar:

Silahkan dikomen ya... ^^

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena