a choice that change my life

Senin, 11 Februari 2013

Belanja Sampai Bokek di Bangkok (I)

Benar adanya bahwa Bangkok Thailand adalah surga bagi para penggila belanja. Disetiap sudut kota Bangkok pasti ada pusat perbelanjaan mulai kaki lima sampai mall, mulai yang sementara sampai yang tetap, mulai harga murah sampai mahal. Tak ayal banyak barang-barang di Indonesia yang dibeli dari Thailand.
Sepertinya perempuan Indonesia dilahirkan dengan hasrat belanja yang besar. Buktinya teman-temanku Indonesia pasti shopping tiap minggu, entah kemana. Jangan heran kalau mereka bisa menyebutkan nama semua mall di Bangkok tapi ga tau Khaosan Road itu dimana. Awal-awal aku sempat stress karena mereka kerjanya hanya belanja, lama-lama ikutan juga sih :D. Berikut ini daftar nama tempat belanja yang pernah kukunjungi:

1. Cathucak Weekend Market/ JJ Market

Dagangan di Cathucak Market
Inilah pasar yang paling terkenal se-Thailand dan menjadi destinasi wajib bagi pelancong. Pasar ini dapat dituju dengan menggunakan BTS atau MRT jurusan Mo Chit. Pasar ini hanya buka saat hari Sabtu-Minggu. Apapun ada disini, ya apapun! mulai dari ayam hidup, baju, souvenir, tumbuhan, dan lain-lain. Pasar ini layaknya pasar tradisional biasa dengan stand sempit dan ada juga yang kaki lima. Yakin, sehari takkan cukup untuk mengintari pasar ini karena aku sudah pernah mencobanya. Herannya lagi aku tidak dapat mengingat letak stand. Minggu ini nemu barang murah, minggu depan pas kesana lagi tiba-tiba standnya sudah ga ada.
Buah-buahan palsu di Cathucak.

Adrenalin kita sebagai perempuan dipacu untuk menemukan dan menawar barang murah disini XD.Berikut ini patokan harga souvenir di Cathucak, harusnya bisa lebih murah:
1. Gantungan kunci gajah kecil: 65 Baht, isi 7
2. Gantungan kunci tebal: 90-100 Baht, isi 6
3. Tas gajah: 90 Baht
4. Sarung Thailand langsung jadi: 200 Baht
5. Songket Thailand: 400 Baht/ 4 meter
6. Songket Thailand campur satin: 300 Baht
7. Kaos (tergantung jenis dan ukuran): 80-120 Baht
8. Lampu hias: 120-150 Baht

2. MBK

Belanja sebelum pulang kampung.

MBK merupakan mall di daerah Bangkok. Kalau lagi apes ga bisa datang ke Cathucak, bisa mencari souvenir di MBK namun harganya lebih mahal dan kebanyakan harga pas. Tapi tetap saja kalau dibandingkan dengan di Indoensia, banyak barang yang lebih murah disini. Contohnya tas segala macam jenis berharga 200 Baht, padahal kalau di Indonesia bisa dijual ratusan ribu. MBK dapat dituju dengan BTS ke National Stadium. Disini juga ada prayer room buat orang Islam.

3. Terminal 21

Pemandangan dari toilet di lantai teratas Terminal 21.
Mall yang letaknya di jalan Sukhumvit dan berhenti di stasiun BTS Sukhumvit ini memeliki keunikan sendiri. Setiap lantai didesain dengan tema kota negara yang berbeda, misal: Paris, Istanbul, Tokyo, Hollywood, dan London. Hal yang wajib dicoba adalah ke toilet. Ya toilet!! Desain toiletnya sangat unik menyesuaikan dengan tema kota. Toiletnya sendiri memiliki banyak settingan: bisa pilih mau buang air kecil atau air besar, pilih air hangat, normal, atau dingin, dan kecepatan air. Bahkan waktu disini, aku mencoba semua toilet disetiap lantai :D.
Jalan masuk ke toilet, di lantai bertema Paris.
Suasana didalam toilet >_<

4. Platinum

Merupakan mall fashion terbesar. Mall ini bisa dituju dengan BTS ke Ratchadewi dan berjalan dikit. Disini sistemnya ada yang harga pas, ada yang ditawar. Namun beli tiga bisa jauh lebih murah daripada membeli hanya satu.

5. Union Mall

Sebenarnya ini mall biasa yang menjual berbagai macam baju/sepatu/dll. Bisa dituju dengan naik MRT ke Phahon Yotin. Namun jika ingin mencari barang secondhand dengan kualitas tinggi, mall ini wajib dikunjungi. Silahkan naik sampai lantai teratas. Banyak baju dan sepatu secondhand yangmasih bagus dan bermerk. Contohnya sepatu boot untuk musim salju (entah dipakai dimana) dijual seharga 300 Baht. Baju-baju lucu dijual sekitar 50-200 Baht. Bahkan saat aku kesana, tergoda juga untuk beli jaket ala korea yang masih bagus dan dijual 200 Baht.

6. Future Park

Future Park saat bertema candy.
Ini mall segala umat di daerah Rangsit. Mall ini menjadi jujukan minimum kalau lagi weekend karena letaknya yang dekat dan lumayan lengkap. Tiap bulan juga pasti belanja keperluan bulanan disini: beras, telur, dll. Sampai-sampai aku hapal letak setiap toko. Uniknya mall ini memiliki banyak bunga dan berganti-ganti setiap minggunya. Sering juga ada tema dan stand-stand lucu-lucu, misalnya: tema candy, imlek, valentine,go green, dan lain-lain.

7.Pasar Malam

Masak di penggorengan raksasa @Kaset Fair
Kalau boleh dibilang, pasar malam di Thailand itu kebacut. Masa disetiap sudut pastri ada pasar malam setiap minggunya. Sangat berbeda sekali dengan di Indonesia, pasar malam hanya diadakan di tanggal tertentu, meski ada juga pasar malam yang diadakan setiap minggunya. Tapi disini pasar malamnya selalu besar, rame, dan ada jadwalnya. Contohnya pasar malam yang dekat dengan asramaku ada tiga: Thalaknad (parkiran di Thammasat) yang buka hari Senin dan Kamis sore-malam, Thamassat hospital yang buka hari Senin dan Kamis saat pagi-sore, dan TU Dome yang buka hari Senin, Rabu, dan Jumat. Jadi setiap minggu, minimal aku mengunjungi satu kali pasar malam. Nah kalau ada hari perayaan spesial, pasar malamnya bisa lebih besar lagi dan berlangsung seminggu. Misalnya waktu festival Loi Krathong,pasar malamnya begitu meriah ditambah semarak kembang api.
Festival Loi Krathong @Thammasat
Dekorasi rumah yangdipajang di salah satu stand.
Barang yang dijualpun bermacam-macam, biasanya separuhnya adalah makanan. Contoh yang jualan barang: aksesoris, kosmetik, baju, peralatan rumah tangga, sepatu, dan meja. Contoh jajananya: onigiri, jajanan pasar (lemper, kue tok,klanting, dll), kebab, ayam briyani, sosis, dorayaki, jus sari buah, buah potong, penyetan, cake, cupcake, dan buanyak lagi jajanan lucu-lucu lainnya. Dulu waktu awal-awal kuliah, pasti tiap minggu beli baju di pasar malam, lha murah banget sih. Hihi.

8. Talad Thai

Mangga manis.
Ini central pasar tradisional di propinsi ini. Jangan bayangkan seperti pasar tradisional di Indonesia. Talad Thai merupakan pasarnya pasar dan ukurannya besaaaarrrrr bangeeet. Aku aja belum pernah berhasil jalan kaki dari ujung ke ujung. Bayangkan setiap komplek hanya menjual barang khusus. Misalnya ada komplek yang khusus menjual jeruk dan komplek itu besarnya seperti lapangan indoor futsal yang isinya ada 4 lapangan. Itu segitu gedenya cuma jualan jeruk doang. Saat aku kesana untuk membeli buah-buahan untuk pesta, aku stres sendiri. Masalahnya mereka kurang bisa bahasa Inggris dan pasarnya segitu besarnya. Jualan anggur sendiri, apel satu kompek, sayur sekomplek, ikan sekomplek, daging sekomplek dan lain-lain. Aku kesusahan cari yang eceran. Saat di ambang keputus asaan, akhirnya kutemukan yang jual buah eceran di dekat komplek labu =__= Oh God, thanks.

19 komentar:

  1. wah uangnya banyak ya mbak minta oleh2 donk hehehhe makan aja g pa laper di kost :p

    BalasHapus
  2. -_- ini cuman window shopping doang. Liyat2 tapi ga beli apa2 kecuali klo ada baju 50 Baht (15 ribu) bolehlah.. :P

    BalasHapus
  3. Dear Elita,
    seneng banget baca blog-nya.... Elita skrg tinggal dimana? BKK?
    Setelah baca ttg Terminal 21, info dong.....apa ada mushola di Terminal 21?
    Pernah ke Asiatique, apakah ada mushola juga disana....? Thanks infonya....
    BTW, Elita asli mana? Krn lihat twitter kok TA-nya di ITS....
    Aku arek suroboyo yeeee..... #biggrind#

    -mia subiakto-

    BalasHapus
  4. Makasi ^_^ mia. Aku sekarang tinggal 1 jam dari kota Bangkok. Kalau mushala,aku kurang tahu yang di Terminal 21 sedangkan kalau di asiatique ada masjid didepannya, tinggal nyebrang jalan dikit. Aku asli Gresik, sekolahnya dulu di ITS. Ngono :P

    BalasHapus
  5. Mbak kalau sy ke bangkok tinggal hi hotel dynasty kalau dari pagi jam 10 sampai jam 3 sore mau ke mall daerah siam jauh ga? Naik apa ber 3 enaknya? Kami pulang jam 8 mlm r don muang tks infonya

    BalasHapus
  6. 29-31 Aug sy ikut liburan bangkok.. truz sy pengen bliin ibu saya baju2.. itu dimana yah.. hehe...yg hrga terjangkau..katanya barang2 disana terutama baju2..murrahh.. tlg infonya ya Mbak Eli.... oh iya Hotel sy nti Metro Resort, apa bener ya deket Platinum Fashion Mall. itinerary nya ke Chao Pharaya River with Arun temple,Gems Jewelry factory,flower market by panoramic.. apa dgn itinerary diatas dah mantep yah..jalan2 keliling kota Bangkok.. heheee ^^

    BalasHapus
  7. @anonim: maaf ya saya kurang tahu letak hotel. Lokasi bisa diliat di google map ^^. Klo transportasi yg nyaman ya naik BTS atau MRT, jelas mau turun dan naiknya. Kalau ga ada BTS bisa naik taksi tp minta pakai argo.
    @Adnan: Klo hotel saya kurang tau ^^, Mall Platinum dekat dgn KBRI. Bisa dituju dgn jalan kaki dr BTS Ratchadewi. Kalau soal itenari wisata, di BKK yg wajib dikunjungi: Wat Arun, Grand Palace, Wat Pho, Amphawa Pasar Apung, Cathucak,Asiatique dll (hhe banyak ya).Kalau belanja bisa di Cathucak (sabtu-Mggu).Klo hari biasa keMBK.Kalau baju modern bisa cari di Platinum (sekalian beli 3 biar murah)

    BalasHapus
  8. kak kalau makanan disana halal nggak kak ?
    oh,iya 1 bath itu 300 ya kak ?

    BalasHapus
  9. Haii elita... saya berencana mo k bkk,, tp msh bgung mo tour atau tidak.. karna tour schedule nya krg menarik,. Ada yg menarik tp biaya nya untuk 5 hari $749 terendah nya... ehmm klo misal nya saya jd k sana tidak pakai tour, kira2 km bisa jd tour guide nya aku ga? Hehee bs meminimalkan biaya n tempat nya juga sesuai selera.. itung2 tambah uang saku kamu.. hehee trima kasih

    BalasHapus
  10. Haii mbak Cindy. Boleh2 mbak ^^ kebetulan saya suka jalan2. Ini rencananya mau kemana aja? :D add fb saya ya mbak

    BalasHapus
  11. keren infonya klo kaos yg paling murah dimana belinya trus hotel disana perhari brp, klo bahan katun jual jg gak disana , mksh

    BalasHapus
  12. Hai Elita,
    Rencananya bulan Nov besok saya mau ke BKK selama 11 hari.
    Kalau provider sim card di sana yang murah tapi bagus untuk telekomunikasi apa ya?
    Apakah di sana tersedia counter khusus utk membeli sim card nya?
    Dan apakah harus registrasi dulu?

    Selain itu, apabila kita ingin travelling atau jalan-jalan seorang diri di sana aman ngga ya?

    Terima kasih

    BalasHapus
  13. hai elita, rencana bulan januari 2014 akhir sktar tgl 27-31 ak mau ke bkk nih, bsa jd guide ga? kira2 budgetnya brpa? balas ya.. :) tq

    BalasHapus
  14. haloo sis elita, aku butuh info nih, kira2 di bangkok tempat jual aksesoris motor gitu selain klong thom dimana yah :( thanks b4 sis.

    BalasHapus
  15. hai erlita , tanggal 22 januari 2014 ini , insha allah aku ke bangkok . bisa minta tolong jadi guide disana ga ? makaciiiii :')

    BalasHapus
  16. Hostel yang dekat ke MBK dan tempat pusat perbelanjaan yang murah lainnya apa ya mba? Tolong di share sekalian nama tempat jual makanan halal nya dong mba. Thanks ya ☺

    BalasHapus
  17. Ada kontak ga el ?? :)

    BalasHapus
  18. Rental / Sewa mobil toyota commuter (van) + driver (bahasa inggris dan Indonesia) di kota Bangkok atau Pattaya atau Jemput bandara
    Untuk infomasi lebih lanjut
    Hubungi langsung
    Telp +66819250901 (whatsapp juga bisa)
    Pin bb 7432ef44

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno: +62852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya
    KLIK->TOTO MAGNUM 4d 5d 6d

    BalasHapus

Silahkan dikomen ya... ^^

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena