a choice that change my life

Sabtu, 16 Februari 2013

Merasakan Suasana Italia di Thailand



Jalanan sempit bersih dengan batuan halus, tembok berwarna bata, menara jam yang menjulang, ukiran khas eropa, taman kecil yang indah, dan toko mungil. Suasana pedesaan Tuscany Italia itu kurasakan di Palio Khaoyai Thailand. Palio dapat dituju dari Bangkok dengan lama perjalanan 2.5 jam. Aku mengunjungi tempat ini pada Desember 2012 karena kegiatan PERMITHA (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Thailand) AIT. Jadi aku menuju kesana dengan menyewa van.
Penjual sedang menata dagangannya
Shopping @Palio

Jalanan khas pedesaan Italia di Palio

Saya :P (ga penting banget)

Suasana perbelanjaan di Palio

Sebenarnya Palio Khaoyai merupakan komplek wisata belanja dengan desain pedesaan Italia. Disini tersedia toko souvenir, restoran, cafe, hotel, dan bioskop 3D. Poin utama yang menarik wisatawan kesana adalah suasana pedesaan Italia berlatar bukit yang dibawa ke Thailand. Meski tergolong sempit, mengintari Palio cukup membutuhkan waktu karena jalanannya berliku seperti labirin. Kita tidak tahu pasti ada dimana tapi bisa menikmati setiap sudut di Palio dengan berpatokan jalan pada menara jam yang menjulang. Setiap sore juga terdapat parade beberapa orang yang mengenakan baju unik.
Toko mungil di Palio
Foto-foto di taman
Kartu pos
Parade unik di Palio
Setelah puas berfoto di Palio Khaoyai, rombongan menuju ke Smoke House. Ini adalah restoran mewah dan toko wine. Sebenarnya kami tidak ingin makan disini ataupun membeli wine. Tujuan ke Smoke House adalah datang-muter-foto-pulang. Kebacut sih tapi cuek, lha memang Smoke House memiliki arsitektur unik yang baru pertama kali ini kulihat. Smoke House bangunan dengan batuan berwarna putih dan terdapat cerobong asap, diluarnya terdapat taman dengan tempat duduk kayu. Dari kejauhan terlihat perbukitan menjulang mengelilingi Smoke House.
Smoke House, bagian belakang.
Smoke House, tampak samping.
Toko wine didalam Smoke House.
Bukti pernah ke Smoke House :P (narsis).
Zjahra, di jalanan Smoke House
Destinasi selanjutnya adalah Farm Chockchoi. Namanya Farm/peternakan, pikirku kami akan mengunjungi peternakan yang banyak sapi atau kambingnya dengan bau-bauan gak enak. Namun ternyata Farm Chockchoi sudah dimodifikasi untuk tujuan wisata. Peternakan sesungguhnya berada didalam area dan harus mendaftar tour jika ingin masuk kesana. Diluarnya terdapat areal rerumputan untuk piknik, toko hasil produk peternakan, dan kandang untuk kuda/ kambing/domba/ sapi mungil. Tak jauh dari sana juga terdapat areal untuk gokart. Aku mencoba membeli susu segar sebotol besar (sekitar 1-2 liter) dengan harga 40 Baht dan diminum berempat. Rasa susu segar dari peternakan memang benar-benar fresh! Lalu kami mengadakan piknik disini dengan menggelar tikar di rerumputan dan makan ikan goreng penyet khas Indonesia yang dimasak di AIT. Ahoyy sedaap.

Toko di Farm Chokchai
Piknik :)
Ikan penyet dan lalapan.Arroy :D
Aku dan Kakak Stev
Sebenarnya jalan-jalan kali ini tidak ada cerita haru-biru yang menyedihkan atau surprise seperti cerita mbolangku yang lain. Hal ini karena aku ikut acara, tinggal membawa badan dan memasrahkan diri. Hal yang dapat kuambil dari tiga wisata tersebut adalah Thailand benar-benar pandai menjual keunikan untuk wisata. Misalnya kalau Palio hanya didesain pasar biasa, siapa yang mau kesana? Seperti halnya restoran Smoke House, semua orang boleh datang kesana meski hanya untuk berfoto. Kita tidak dipaksa makan di restorannya untuk bisa foto. Wine yang ditata rapi juga menjadi daya tarik sendiri di negara tropis. Ataupun peternakan chokchai, konsep yang mereka bawa benar-benar unik. Mereka mengelola peternakan dan menarik pembeli dengan cara menjadikan peternakan sebagai destinasi wisata. Jadi pembeli akan datang dengan sendirinya. Andaikata konsep seperti ini diterapkan di Indonesia, tak perlu lagi adanya rentenir yang membeli susu dengan harga murah ke peternak, dan menjual ke konsumen susu yang tidak segar karena distribusinya yang mbulet dan lama. Wew sepertinya saya ingin membangun kebun atau peternakan di Indonesia dengan konsep seperti ini.
Kuda unyu @Farm Chokchai
Arena ATV di dekat Farm Chokchai.

3 komentar:

  1. Mbak Elitha ngeksis teruuuus! T_T

    BalasHapus
  2. sewa mobil toyota commuter + driver untuk keliling tempat2 wisata di thailand
    hubungi Mr Eko
    WA +66819250901
    Pin BB 7432ef44

    BalasHapus

Silahkan dikomen ya... ^^

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena