a choice that change my life

Rabu, 17 April 2013

Cerita Mudik (X): Budget Mudik ala Backpacker ke 3 Negara (Thailand, Malaysia, dan Indonesia)


Akhirnya sampai juga di penghujung tulisan Cerita Mudik, perjalanan mudik melewati tiga negara yaitu Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Singgah di enam tempat: Phuket, Phi Phi Island, Krabi, Penang, Kuala Lumpur dan Jakarta (Surabaya termasuk nggak XD). Perjalanan ini kulakukan dari tanggal 17 Desember malam hari dari Bangkok Thailand dan sampai pada tanggal 26 Desember dini hari di Surabaya. Transportasi yang kugunakan adalah bis, songthew, kapal, sepeda motor, dan pesawat. Seperti biasa, aku akan sharing tentang tips dan budget untuk berjalan-jalan dengan rute yang mirip denganku.

Thailand

Bangkok (17 Desember 2012)

Berangkat dari Victory Monument naik taxi ke Terminal Selatan Mai Sai Tai (semoga gak salah namanya) lalu naik bis level dua (kelas ekonomi), berangkat jam 8 malam ke Phuket. Jika ingin nyaman silahkan dipilih bis VIP, harganya sekitar 500-600 Baht namun fasilitasnya beda jauh. Sebagai contoh bis level da tidak menyediakan apa-apa selain selimut. Sedangkan bis VIP punya pramugari, musik, kursi pijat, makan berat sekali, snack dua kali, dan fasilitas lainnya. Altenatif lain yaitu berangkat dari stasiun Mo Chit, sayangnya aku kurang tahu letak pastinya dimana dan tipe bisnya bagaimana.

Naik Taxi 100 Baht (share 5orang) = 20 Baht
Bis Bangkok-Phuket = 420 Baht
Total = 440 Baht

Phuket (18-19 Desember 2012)

Sampai di Phuket sekitar jam 8 pagi. Kami diturunkan di terminal bis yang letaknya jauh dari kota. Dari sini harus nyewa songthew (semcam taksi terbuka) untuk menuju kota Phuket. Perjalanan sekitar 30 menit, songthew akan berhenti di travel agent. Silahkan tawar-tawaran sampai menemukan harga yang cocok. Kalau tidak cocok, Anda bisa menolak. Saat itu kami sepakat menyewa dua kamar hotel dan tiket Phuket-Phi Phi-Krabi. Lalu kami diantarkan songthew ke hotel yang letaknya pas di pantai. Fasilitas hotel: kamar twin, AC, handuk, peralatan mandi, kulkas, pemanas air dan teh/kopi gratis. Esoknya kami dijemput oleh travel jam 7 pagi dengan van ke pelabuhan boat.

Hotel Time Out =500 Baht
Makan siang (nasi goreng nanas)= 120 Baht
Makan malam (mi instant dan susu)= 50 Baht
Sarapan (roti)=20 Baht
Travel Phi Phi (termasuk boat Phuket-Phi Phi, Phi-Phi Krabi, snorkling, dan makan siang ala buffet)= 1500 Baht
Total= 2240 Baht

Tips: teman saya bisa mendapat harga 1000 Baht untuk trip boat Phuket-PhiPhi-Phuket, snorkling, dan makan buffet). Rata-rata untuk paket ini dipatok harga 1200 Baht.

Phi-Phi Island (19 Desember 2012)

Perjalanan dengan boat sekitar 1,5 jam dari Phuket ke Phi Phi Island. Lalu pindah ke kapal lebih kecil untuk snorkling. Sekitar jam 1 siang makan siang ala buffet di hotel. Lalu jam 3 siang naik kapal ke Krabi.

Tiket masuk Phi Phi Island= 40 Baht

Krabi (19 Desember-20 Desember 2012)

Kapal sampai sekitar jam 5 sore di Ao Nang Krabi. Lalu sewa taksi ke hotel di pantai Nopharathara. Check in di Cashew Nut Bungalow. Fasilitas: kamar besar (untuk ber 4), AC, dan handuk. Paginya bisa jalan-jalan di pantai dan jam 11 siang aku dijemput van ke Penang.

Taksi 300 Baht (5orang) =60 Baht
Cashewnut Bungalow =300 Baht
Van Krabi-Penang = 600 Baht
Total=960 Baht

Total Keseluruhan di Thailand= 3680 Baht

Malaysia

Penang (20 Desember-21 Desember 2012)

Van dari Krabi ke Hat Yai sekitar 4 jam. Ganti van di Hatyai, nunggu sekitar satu jam. Van Hatyai-Penang sekitar 6 jam. Untungnya naik van adalah diantarkan sampai penginapan. Lalu menginap di Old Penang Guesthouse. Esoknya jalan-jalan ke Temple Kek Lok Si, Penang Hill, Chocolate Boutique, dan sekitar kota George Town. Jangan lupa naik bis CAT gratisan yang bisa dinaikin dari terminal Komtar. Bis ini membawa ke sekeliling kota George Town yang cantik. Lalu sorehari pesan tiket ke Kuala Lumpurdari travel agent disekitar Komtar untuk perjalanan malam ke Kuala Lumpur.

Bayar komisi perbatasan= 1 RM
Old Penang Guesthouse (6 Mix Dormitory)= 26RM
Muter-muter naik Rapid KL= 4 RM
Naik kereta di Kek Lok Si Temple= 5 RM
Naik Kereta di Penang Hill (student)= 15 RM
Makan Laksa Penang di Pasar dekat Kek Lok Si= 4 RM
Makan mi=2 RM
Bis Penang-Kuala Lumpur= 40 RM
Total= 97 RM

Kuala Lumpur (22 Desember 2012)

Berangkat dari Penang sekitar jam 00.00, perjalanan 5 jam ke Kuala Lumpur. Jam 5 pagi belum ada yang buka dan nunggu sampai jam 6 pagi. Naik MRT dari Stasiun Masjid Jamek ke KL Sentral. Lalu beli tiket Fast Train ke Putrajaya. Sampai Putrajaya, naik bis Nadi Putra ke sentral Putrajaya (terminal Alamanda). Masuk ke masjid Putra. Lalu kembali ke terminal Alamanda dan naik bis ke stasiun Fast Train. Lalu beli tiket sampai bandara LCCT. Fast Train turun di Salak Tinggi dan ganti bis ke bandara LCCT.

MRT= 2 RM
Fat Train KL Sentral-Putrajaya= 12 RM
Bis Nadi Putra PP= 3 RM
Fast Train Putrajaya-LCCT= 8 RM
Makan Mc D= 7RM
Total= 32 RM

Total Keseluruhan di Malaysia= 129 RM

Pesawat Kuala Lumpur-Jakarta= 250 ribu rupiah.

Indonesia

Jakarta (21-22 Desember 2012)

Hehe jangan nanya ya. Ini aku nebeng-nebeng nginep dan makan dibayarin.

Pesawat Jakarta-Surabaya= 420 ribu rupiah

Total Biaya Mudik= 3680 Baht+32 RM+ Rp.670.000 (asumsi 1 Baht=Rp 300; 1 RM=Rp 3000)
Total Biaya Mudik=Rp 2.734.000,-

Lebih mahal memang daripada aku membeli tiket pesawat Bangkok-Surabaya. Namun semua pengalaman  lebih berharga dari uang yang kubayarkan. Bila ingin mudik sepertiku tapi ingin lebih hemat lagi bisa juga! Tipsnya: booking hotel murah dari situs booking, soal transportasi naik yang biasa-biasa saja, kalau soal taksi dan travel bisa tawar-tawaran sampai malu, tak perlu beli bagasi pesawat, makan yang murah dan kenyang, dan beli oleh-oleh seperlunya.

Stay awake in Phuket, Exotism of Phi Phi Island, Calm of Krabi, Historical of George Town, and Crowdedly Jakarta are perfect way go back to home. How a nice Mudik!!

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan dikomen ya... ^^

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena