a choice that change my life

Rabu, 22 Oktober 2014

Tips Jalan-Jalan ke Bangkok


Halo, namaku Elita-aku suka makan som tam dan mangmuang pyaw. Okay kubagikan tips bertahan hidup di Bangkok khususnya dan Thailand umumnya karena banyak sekali chat via line, whatsapp, intagram, facebook yang menanyakannya. Tips ini kutuliskan berdasar pengalaman tinggal disana selama hampir 2 tahun.

Tiket Pesawat

Gimana caranya cari tiket pesawat yang murah? Sebenarnya jawabanku akan sama seperti para backpacker atau traveler lainnya.
1. Jangan malas cek harga tiket pesawat. Bisa buka situs atau install aplikasi skyscanner untuk mengecek rute pesawat termurah ke Bangkok.
2. Penerbangan low cost yang umun digunakan adalah Air Asia, Tiger, dan Lion. Aku pernah dapat promo Jakarta-Bangkok Rp 210.000,- termasuk tax dll. Rata-rata penerbangan Jakarta-Bangkok dibandrol sekitar Rp 700.000,-.
3. Airlines Air Asia dan Lion mendarat di bandara Don Mueang sedangkan airlines lainnya mendarat di bandara Suvarnabhumi.

Hotel

Kawasan hotel dan backpacker Khaosan Road.
Banyak yang bertanya bagaimana memilih hotel yang bagus di Bangkok dengan harga murah?Jujur aku belum pernah menginap di Bangkok :p karena asramaku didekat sana. Ini tips yang bisa kuberikan saat memilih hotel di Bangkok:
1. Jangan malas cek situs booking online hotel seperti www.booking.com , www.agoda.com , www.hostelworld.com . Biasanya beberapa hotel/hostel malah memberikan diskon yang besar untuk pembelian online pada waktu tertentu.
2. Pilih hotel dengan review yang bagus
3. Lokasi: kalau Anda suka berkenalan dengan turis lain dan ingin merasakan Bangkok tanpa sentuhan modern (gedung tinggi dan MRT) pilih Khaosan Road. Kalau menyukai kehidupan malam pilih Shukumvit. Kalau menyukai shopping dan takut ga bisa bahasa Inggris atau Thai pilih daerah Pratunam yang dekat dengan KBRI dan banyak mall. Kalau menyukai pemandangan sungai nan indah pilih hotel di pinggir sungai Chao Phraya. Sedangkan rekomendasiku sendiri,pilihlah hotel di daerah Anusawari (Victory Monument) dan Siam Plaza karena disinilah pusat transportasi di Bangkok, mudah mau memilih naik bis/BTS/MRT dan mau shopping pun sangat mudah karena banyak mall dan pasar malam.

Transportasi

Bus Sky Train (BTS).
Naik bis gratis.
Naik kapal dari Wat Arun ke Asiatique.
Pertanyaan lainnya: kemana-mana naik apa? Tips memilih transportasi:
1. Jangan malas lihat peta dan cek rute transportasi lewat google map (pilih yang transportasi umum) dan www.transitbangkok.com . Ada banyak pilihan tranportasi: bis, BTS (bus sky train) yang lewat rel layang, MRT (Mass Rapid Transportation) yang lewat bawah tanah, airport rail link, taksi, tuk-tuk, van, ojek, kapal umum, dan kereta.
2. Ambil peta gratis rute transport di bandara, terminal, atau tempat wisata.
3. Bila hanya beberapa hari di Bangkok tak usah beli Rabbit Card (kartu BTS). Pilih saja yang membeli manual dengan koin di mesin-mesin yang tersedia. Bisa juga menukarkan uang kertas ke koin di loket di BTS.
4. Naik bis lebih murah daripada naik BTS atau MRT. Tiket bis dibayarkan ke kondektur dan maksimal 25 baht tergantung rute. Bis berhenti di halte. Beberapa bis berwarna merah tanpa AC gratis!! Aku beberapa kali naik bis gratisan ini. Lumayanlah menghemat biaya mbolang. Namun kalian harus tahu bis nomer berapa yang akan dinaiki. Umumnya bis hanya memasang nama tujuan dengan huruf Thai dan nomer bis. Bahasa Thai memiliki 4 intonasi dengan kata yang sama, jadi jangan heran kalau mereka tidak mengerti tempat yang kalian tuju. Lebih mudah membawa peta atau gambar lokasi wisata yang dituju dan tunjukkanlah ke kondektur bis.
5. Tuk-tuk lebih mahal daripada taksi karena tuk-tuk menggunakan BBM (Bahan Bakar Minyak) sedangkan taksi menggunakan BBG (Bahan Bakar Gas). Beberapa tuk-tuk akan menwarkan harga murah namun anda akan diajak dulu berputar-putar di toko perhiasan. Jujur, saya belum pernah kena scam macam ini tapi banyak mendengar dari teman-teman yang baru saja ke Bangkok. Pilihlah taksi yang menggunakan argo! Beberapa taksi akan memasang tarif tinggi untuk turis tanpa argo.
6. Lihat peta! Terkadang naik kapal lebih mudah daripada naik tranportasi lain. Misalnya dari Wat arun ke Asiatique lebih mudah dengan naik kapal. Tarifnya 20 Baht jauh dekat.
7. Jika nyasar. Nikmati saja :p temukan keindahan lain di kota Bangkok sambil mencari tourist center yang banyak tersebar. Kalau kepepet tanya saja ke orang-orang sekitar dan jangan lupa membawa peta kemana-mana. In case, mereka tak bisa bahasa Inggris dan kita tinggal tunjuk lokasi mana yang ingin kita tuju.
8. Jika ingin pergi keluar Bangkok ada tranportasi van yang bisa ditemui di Khaosan Road, Anusawari/Victory Monument, dan Shukumvit.

Kuliner

Som Tam Kung.

Tom Yam.

Coconut ice cream.

Makanan apa yang recomended? Ada makanan halal ga? Tips memilih makanan Thai:
1. Menu yang kurekomendasikan: Tom Yam (sure!die die must try) , Som Tam/ Papaya Salad (beberapa orang tak suka dengan bau amis, pilih saja Som Tam Kung-som tam dengan ebi udang), Pad Thai/ Mie Thailand, Chicken Rice, Mango Salad (mangga  kuning manis dengan ketan), dan coconut ice cream.
2. Cari menu halal susah-susah gampang. Kalau kalian ke pusat perbelanjaan, pasti ada gerai halal. Kebanyakan menyajikan masakan seperti nasi briyani dan ayam kare.
3. Kadang aku mengambil resiko dengan membeli makanan di gerai manapun namun kupilih menu seafood :p Yahh gimana lagi daripada kelaparan.
4. Beli makanan yang dipanaskan di gerai 7 eleven yang mudah ditemui dimanapun. Tinggal pilih makanan dingin yang ada logo halal atau yang menunya jelas seperti nasi goreng kepiting.

Sholat

Kalau sholat dimana?
Sebenarnya masjid dan mushala banyak tersebar di mall dan tempat di Bangkok:
1. Masjid langgananku: KBRI dan Masjid di depan Asiatique.
2. Mushala langganan: mushala di lantai 5 mall MBK dan mushalla cantik di Platinum. Serius mushala di Platinum adalah favoritku, tempatnya mungil dengan dekorasi warna putih bersih dan rukunya harum masih plastikan.
3. Kalau kepepet ya shalat dimanapun berada, cuek ajalah.

Hasil nyasar di Bangkok.
Tempat shopping, daerah wisata, itenari akan kuposting di artikel selanjutnya. Enjoy your holiday... Khaphonka/Thank you

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan dikomen ya... ^^

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena