a choice that change my life

Selasa, 21 Oktober 2014

Wandering in Karimun Jawa (6): Budget dan Tips ke Karimun Jawa via Surabaya

Lagi-lagi banyak yang menanyakan ke Karimun Naik apa? Habis berapa? Ga ribetkah? Maka dari itu sampailah pada posting terakhir edisi Karimun Jawa.

Budget

Aku menggunakan travel dari www.wisatakita.com dengan pertimbangan biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah karena aku berangkat berdua dengan Putri. Aku mengambil paket 4D3N seharga Rp.600.000. Itu sudah termasuk tiket kapal Sinjai PP, makan 5 kali (sarapan dan makan siang), homestay, tur selama dua hari penuh, ikan bakar, dan foto underwater softcopy.

Di luar itu, biaya dikeluarkan untuk transportasi Surabaya-Jepara dari Bungurasih, naik becak, dan makan malam. Berikut ini total biayanya:

  • Travel : Rp 600.000 ,-
  • Bus Surabaya-Jepara : Rp 90.000,-
  • Becak terminal-pelabuhan Jepara : Rp 10.000,-/orang
  • Sarapan pagi di pelabuhan Jepara : Rp 15.000,-
  • Makan malam seafood 2x     : Rp 34.000,-
  • Sewa sepeda motror dan bensin : Rp 20.000,-/orang
  • Becak pelabuhan-alun-alun Jepara : Rp 15.000,-
  • Angkot Jepara-Kudus  : Rp 15.000,-
  • Makan malam di Kudus  : Rp 15.000,-
  • Van Kudus-Surabaya  : Rp 100.000,-

Total                         : Rp 914.000,-

Tips

1. Wajib membawa dan memakai sun block!! meski aku sudah memakai sunblock tetap saja kulit masih belang sampai sekarang T..T
2. Wajib membawa obat mabuk meski tidak pernah mabuk.
3. Bis Surabaya Jepara berangkat dari terminal Bungurasih. Bisa ambil bis malam sekitar jam 7 malam sampai jam 9.30 malam, jadi sampai Jepara pas di pagi hari.
4. Bagi yang berkerudung, saat tur lebih baik langsung memkai baju renang lalu di dobel dengan baju biasa. Jadi kalau mau snorkling tinggal buka baju karena tidak ada tempat ganti baju di kapal.
5. Seafood di alun-alun sangat recomended untuk dimakan berbanyak dan pandai-pandailah menawar. Harga makanan seafood lebih murah dari telur atau ayam.
6. Kalau ingin menjelajahi Karimun Jawa secara maksimal, berikut ini itenarinya:
- Hari pertama, sampai di Karimun  Jawa siang hari istirahat sebentar dan langsung sewa sepeda motor untuk menjelajahi sebelah barat pulau.
-Hari kedua, sepulang tur bisa mengejar sunset di dermaga
-Hari ketiga, pagi hari jalan kaki ke bukit Joko Tuwo
-Hari keempat, tinggal packing dan pulang jika kapalnya tidak delay.
7. Waktu terbaik mengunjungi Karimun Jawa adalah Mei, Juni, Juli, dan Agustus. Meski terkadang ada beberapa hari yang ditunda karena ombak sangat besar. Waktu buruk untuk mengunjunginya adalah Januari, Februari karena ombak lebih besar.
8. Terminal Jepara tutup saat malam hari. Jadi kalau sampai pelabuhan Jepara malam hari langsung naik travel ke Kudus atau Semarang untuk lanjut naik bis ke Surabaya.

Enjoy Sun, Sand,and Sea :)

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan dikomen ya... ^^

© More Than a Choice, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena